Atambua – Bupati Belu dr. Taolin Agustinus juga memaparkan Capaian Program di Bidang Pendidikan. Pada tahun 2023, Angka Partisipasi Murni (APM) SD/Madrasah atau sederajat sebesar 82% dan APM SMP/Madrasah atau sederajat sebesar 88%. Sedangkan Angka Partisipasi Kasar (APK) SD atau sederajat sebesar 95% dan APK SMP/Madrasah atau sederajat sebesar 90,1%.
“Presentasi SD/Madrasah dan sederajat yang berakreditasi B sebesar 53% dan Persentase SMP/Madrasah dan sederajat berakreditasi B sebesar 52% dan rata-rata sekolah penduduk umur usia lebih dari 15 tahun sebesar 7,37%. Pencapaian tersebut dapat terlaksana karena tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan jumlah tenaga kependidikan yang cukup serta biaya operasional yang memadai,” ujar Bupati Belu.
Dijelaskan Bupati Belu, untuk menunjang pencapaian tersebut, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat pada tahun 2024 memberikan bantuan biaya pendidikan kepada 3.070 siswa SD, Bantuan perlengkapan berupa seragam sekolah, buku sekolah, dan tas sekolah kepada 4.500 siswa SD. Bantuan biaya pendidikan juga diberikan kepada 2.636 siswa SMP dan bantuan perlengkapan sekolah berupa seragam buku dan tas sekolah kepada 4.000 siswa SMP. Total bantuan yang dialokasikan pemerintah mencapai Rp.13 miliar.
Selain bantuan pendidikan kepada siswa-siswi SD dan SMP, pemerintah daerah juga memiliki kepedulian kepada masyarakat dengan memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa-mahasiswi yang tidak mampu secara ekonomi dan berprestasi di bidang akademik maupun non akademik.
Menurut Bupati Belu, bantuan tersebut diberikan kepada mereka yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi di wilayah Negara Republik Indonesia, yang memenuhi syarat sejak tahun 2022, untuk dapat menyelesaikan studinya.
“Pada tahun 2024, Pemerintah memberikan perhatian melalui bantuan biaya pendidikan sebesar Rp.1,3 miliar bagi mahasiswa-mahasiswi, sebagai komitmen meningkatkan sumber daya manusia sekaligus untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia,” jelas Bupati Belu.(Prokopimbelu/bersambung).